CIM (Corporate Information Management)

Posted: 2 November 2010 in Tugas Softskill

CIM (Corporate Information Management)

CIM singkatan dari Corporate Information Management. Kalau di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Manajemen Informasi Perusahaan.

Untuk lebih mudahnya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang manajemen informasi. Manajemen informasi merupakan pengelolaan, pengumpulan, maupun pendistribusian informasi dari satu atau lebih sumber kepada pihak lain yang terlibat.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, hal ini dilakukan oleh seorang manajer. Informasi merupakan salah satu sumber dasar yang ada bagi para manajer dan memiliki nilai.Informasi mempunyai nilai karena informasi akan memberikan sumber yang nyata dan akan lebihberperan bila suatu perusahaan kemudian bertambah besar.

Informasi digunakan oleh manajer untuk mengendalikan organisasi atau perusahaan tersebut dalam mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang manajer harus menjalankan tugasnya dengan baik. Tugas manajer dalam manajemen informasi yaitu :

* Bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memproses menjadi informasi yangdapat digunakkan.
* Menentukan orang – orang dalam perusahaan supaya dapat menerima informasi dengan bentukyang tepat, pada saat yang tepat pula sehingga informasi dapat digunakkan untuk mendukungproses manajemen.
* Membuang informasi yang kuno, tidak lengkap dan salah serta mengganti dengan informasiyang dapat digunakkan.

Kebutuhan akan Manajemen Informasi

Setiap perusahaan pasti membutuhkan manajemen informasi, hal ini disebabkan :

1. Meningkatnya kompleksitas tugas manajemen, disebabkan oleh faktor – faktor berikut :

* Pengaruh ekonomi internasional

Semua perusahaan tidak dapat lepas dari pengaruh sistem perekonomian dunia saat ini. Misalnya fluktuasi nilai tukar mata uang yang berubah dengan cepat.

* Perkembangan teknologi dunia yang semakin pesat

Kemampuan pengiriman informasi dalam hitungan detik melalui satelit,modem, fax, dsb. Peran manusia yang sudah mulai berkurang akibat modernisasi pabrik dengan penggunaan mesin/ robot.

* Semakin sempitnya kerangka waktu bagi para manajer untuk mengambil keputusan

Kemampuan manajer dalam mengambil keputusan dalam waktu yang sempit danketat sangat dibutuhkan akibat persaingan dunia usaha yang juga semakin ketat.

2. Keinginan untuk menggunakkan peralatan pemecahan masalah yang lebih baik.

Karena tugas manajer yang semakin kompleks maka usaha untuk meningkatkan efektifitasdalam pemecahan masalah dengan menggunakkan teknik kwantitatif dan peralatan elektronik.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen informasi perusahaan (CIM) adalah proses :

1. Pembentukan strategi

2. Perencanaan pasokan untuk kebutuhan informasi masa depan

3. Meningkatkan nilai utilitas sumber daya informasi yang tersedia

4. Menghilangkan informasi yang berlebihan

5. Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang

6. Dan meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s