Subneting untuk Class B

Posted: 2 November 2010 in Jaringan Komputer (Networking)

Subneting untuk Class B

Subnetting merupakan teknik atau konsep yang digunakan di internet untuk mengefisienkan alokasi IP Address dalam sebuah jaringan sehingga dapat memaksimalkan penggunaan IP Address. Biasanya subnetting digunakan utnk memecahkan masalah topologi netwrok dan organisasi, sealin itu Subnetting juga digunakan untuk memindahkan garis pemisah antara bagian Network dan Host pada suatu IP Address. Subnetting nantinya akan menghasilkan Network ID baru dari hasil pengorbanan Host ID. Proses dari subnetting dapat membagi sebuah network menjadi beberapa subnet.

Sekarang saya akan melakukan subnetting untuk kelas B dengan mencari 12 Network ID yang digunakan dalam jaringan. Tetapi sebelumya, saya akan memberikan sedikit penjelasan yang berhubungan dengan kelas B. Kelas B memiliki subnet mask 255.255.0.0 yang berarti jika dirubah ke bilangan biner adalah

11111111.11111111.00000000.00000000

dengan 16 bit pertama merupakan bit-bit Network, sedangkan 16 bit berikutnya merupakan bit-bit Host. Setelah kita ketahui bilangan biner dari kelas B, sekarang kita mencari 12 Network ID dari setiap oktet nya yang terdiri dari 8 digit bilangan biner.

Lihat gambar dibawah ini :

Gambar 1

8 digit per oktet dalam alamat IP

Dari gambar diatas kita bisa menemukan 12 Network ID berada di antara digit ke 4 dan 5 atau diantara nilai 8 dan 16 (yang didalam kotak). Kita dapat menulisnya seperti dibawah ini :

Kemudian, sekarang kita akan memulai perhitungan untuk mendapatkan 12 Network ID yang kita inginkan dan mendapatkan kelompok IP yang dapat dipakai.

Gambar 2

Maksud gambar diatas adalah bilangan biner dari subnet mask kelas B. Lalu, yang saya beri kotak itu merupakan oktet ketiga untuk range dalam biner.

Saya mengambil contoh IP Address kelas B yang digunakan adalah 172.16.0.0. Lihat Tabel di bawah ini :

Dari tabel diatas akan digambarkan jaringannya :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s