Dampak Euphoria piala AFF terhadap perekonomian Indonesia dalam bidang informatika

Posted: 30 Januari 2011 in Tugas Softskill

Belum lama ini kejuaraan AFF yang merupakan kejuaraan sepakbola antara negara-negara ASEAN dimana sebelumnya dikenal dengan sebuatan piala Tiger telah berlangsung. Walaupun kujuaraan AFF telah lewat tetapi euphoria masyarakat Indonesia masih terlihat jelas, dilihat dari makin minatnya masyarakat Indonesia untuk menonton sepakbola dan pembelian berbagai macam atribut yang berkaitan dengan timnas Indonesia.

Euphoria masyarakat Indonesia bukanlah tanpa diiringi dengan perjuangan dan prestasi para pemain Timnas. Dibuktikan dengan masuknya Tim Indonesia ke putaran final kejuaraan AFF 2010. Walaupun Indonesia hanya dapat menempati posisi runner up setelah kalah selisih gol dari Negara tetangga yaitu Malaysia, tetapi dukungan untuk Tim Indonesia tidaklah pudar karena masyarakat Indonesia menilai dari kerja keras yang telah diberikan oleh para pemain Timnas Indonesia. Walaupun hasilnya belum sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia yakin inilah awal dari kebangkitan persepakbolaan Indonesia.

Dilihat dari animo masyarakat yang sangat luar biasa tersebut memiliki dampak diluar dari persepakbolaan Indonesia yaitu dampak bagi perekonomian Indonesia. Diantaranya masyarakat yang sangat mencintai Timnas Indonesia bergegas untuk membeli pernak-pernik yang berkaitan dengan timnas. Secara tidak langsung peristiwa ini menaikkan omset para pedagang-pedagang kaos maupun penjual makanan yang berjualan di sekitar GBK. Tetapi jika dilihat dalam bidang Informatika dampak perekonomian indonesia terlihat dengan penjualan-penjualan tiket secara online. Pemesanan tiket sepakbola bukanlah menjadi hal yang baru, penjualan tiket secara online ini sudah berlangsung lama tetapi masyarakat dahulu belum begitu meminati penjalan tiket secara online tersebut. Tetapi untuk saat ini penjualan tiket secara online ini sudah banyak diminati khususnya untuk tiket VIP keatas, dengan adanya ajang ini terciptalah iklim perdagangan baru yaitu secara online.

Keberhasilan Tim Kesebelasan Nasional Indonesia melaju pada babak final Piala AFF 2010 yang mempertemukan dengan Tim Nasional Malaysia di Kuala Lumpur sesuatu yang sangat membahagiakan. Meskipun indonesia hanya menjadi runner up pada ajang piala AFF mungkin merupakan awal yang baik bagi persepakbolaan indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya ajang tersebut masyarakat indonesia makin mencintai timnas indonesia.

Prestasi Timnas yang langka ini harus menjadi momentum untuk membangun dan meningkatkan prestasi anak-anak bangsa ke depan, lebih-lebih prestasi yang bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat secara langsung. Karena itu, euphoria yang begitu tinggi ini sayang kalau berlalu begitu saja tanpa pengaruh nyata bagi masyarakat. terutama di bidang informatika dan perekonomian di indonesia.

Dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dibidang informatika adalah:
1. Ini terlihat dengan adanya pembelian tiket secara online. Jadi setiap orang yang ingin menyaksikan penampilan sang idolanya tidak perlu berdesak-desakan lagi di GBK hanya untuk mendapatkan sebuah tiket saja.

2. Para pendukung yang ingin mendukung idolanya pasti ingin datang dengan pernak-pernik yang berhubungan dengan bola dan sang idolanya. Jadi hal ini menciptakan lahan baru bagi sang e-commerce, yaitu berjualan pernak-pernik yang berhubungan dengan bola secara online. Ini pasti mendatangkan untung yang besar karena banyaknya permintaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan pernak-pernik bola.

3. Dengan adanya Piala AFF ini, para pendukung negara masing-masing akan mencari informasi tentang jadwal pertandingan dengan cara online pula.

4. Warga Asing yang datang ke Indonesia untuk menyaksikan penampilan pemain Negara mereka telah meningkatkan volume pembelian tiket pesawat di Indonesia. Pembelian tiket pesawat ini akan lebih terasa mudah jika dilakukan secara online.

5. WNA yang datang ke Indonesia sebelumnya juga bisa memesan kamar hotel sebagai tempat menginap selama berada di Indonesia. Pemesanan kamar hotel ini juga bisa dilakukan secara online sehingga begitu sampai di Indonesia, mereka bisa langsung menuju hotel tempat mereka menginap tanpa harus bingung mencari-cari hotel lagi.

Semuanya dilakukan secara online sehingga omset perekonomian Indonesia pun juga bisa meningkat dengan memanfaatkan ilmu di bidang T.I.

sumber :
http://dh1m45.blogspot.com/2011/01/dampak-euforia-piala-aff-terhadap.html
http://indigoofmine.blogspot.com/2010/12/euphoria-piala-aff_20.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s