Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia.

Posted: 30 Januari 2011 in Tugas Softskill

Sebelum kita mengetahui tentang pengerahuh dan peranan dari TI terhadap perkembangan bisnis khususnya bisnis online. Kita cari tahu dahulu pengertian dari TI itu sendiri. Istilah TI pada awalnya merupakan istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Istilah teknologi informasi sendiri mulai populer di akhir tahun 70-an. Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Karena dipicu oleh kebutuhan informasi secara cepat, tepat, dan terkini maka tidak dipungkiri perkembangan teknologi informasi juga harus semakin sangat pesat. Perubahan-perubahan yang mendasar yang terlibat dari perkembangan teknologi informasi yaitu pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan, pemerintahan penelitian dan lain-lain.

Keunggulan Bisnis Online Dibanding Dengan Bisnis Offline

Belakangan ini kita banyak mendengar kemajuan di bidang informasi, telekomumikasi dan teknologi informasi yang begitu pesat yang berorientasi pada teknologi informasi. Dengan semakin gencarnya globlalisasi dunia saat ini, maka teknologi informasi juga semakin marak pada kehidupan masayarakat.Bagi masyarakat yang masih awam akan teknologi informasi wajib mengenal dan mempelajarinya agar dapat menyesuaikan dengan tren yang berkembang.

Jika anda merupakan salah seorang yang sering browsing di internet dan suka membaca artikel dan sebagainya, tak dapat dipungkiri anda akan menjumpai iklan-iklan atau bahkan tutorial mengenai bisnis online yang dijual berupa ebook. Perkembangan teknologi informasi sangat pesat ini dipengaruhi oleh perkembangan bisnis online di indonesia. Perkembangan bisnis online diindonesia semakin pesat yang dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu semakin banyak dan murahnya koneksi internet di Indonesia. Tentu hal ini menguntungkan untuk kemajuan bisnis online, dibandingakan dengan bisnis offline tentu saja bisnis online tersebut mempunya banyak keunggulan.

Keunggulan-keunggulan bisnis secara online adalah bisa dilakukan dimana saja tempat sangat fleksibel. Anda tidak perlu biaya lain untuk berbisnis online seperti bisnis offline pada umumnya, tidak perlu sewa toko, tidak perlu menjaga dagangan anda, karena sistem dari bisnis online yang bekerja,tidak perlu pergi kesana-kesini dan biaya operasional yang murah dibandingakan dengan bisnis offline. Kemudian modalnya sangat kecil. Anda hanya perlu komputer dan koneksi ke Internet. Selain modal kecil resiko rugi besar juga lebih kecil dibanding bisnis konvensional. Tidak perlu sewa tempat, tidak membutuhkan kantor besar dan biaya perawatan dan gaji karyawan dan tidak perlu punya gudang untuk stock barang-barang anda. Waktu operasional jam kerja lebih singkat tidak perlu jaga mulai dari pagi sampai sore atau bahkan malam. Karena bisnis anda bisa berjalan secara otomatis dengan system yang sudah dipersiapkan secara otomatis, anda bisa mengontrol perkembangan bisnis anda dan tidak ada campur tangan orang-orang yang tidak anda kehendaki dalam bisnis online anda.

Masih banya lagi keuntungan-keuntungan sehingga anda juga ingin berbisnis secara online. Jika anda ingin berkecimpung dan mendalami internet marketing lebih dalam, ada banyak jenis-jenis bisnis online yang bisa anda ditekuni.

Pengaruh perkembangan TI terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia adalah:
1. Media yang dapat menghemat biaya
Maksudnya disini adalah seperti penjelasan pada artikel-artikel sebelumnya. Melalui bisnis online, kita bias menghemat tenanga, waktu, pikiran dan pemampatan biaya menjadi seminimal mungkin karena kita tidak memerlukan karyawan lagi, tidak perlu sewa tempat untuk dijadikan took, tidak perlu membayar jasa kurir antar lagi.

2. Internet sebagai media komunikasi
Dengan adanya pemanfaatan TI dalam dunia bisnis online seperti pada e-commerce, maka antara penjual dan pembeli bias saling berinteraksi tanpa harus bertatap muka langsung dan datang ke took. Mereka cukup menuliskan apa yang mereka ingin katakana pada kotak comment. Alhasilnya, pembeli bisa langsung bertemu dan ngobrol dengan penjual sehingga penjual bias menanyakan tentang kondidi produk yang ingin dibeli dan penjual pun bisa langsung promosi kepada pembeli.

3. Media untuk mencari informasi atau data
Melalui internet, pembeli bisa langsung mencari informasi yang ia butuhkan dengan serch saja. Jadi pembeli tidak akan merasa dirugikan jika ia ingin membeli produk yang ada di toko online.

4. Media pendidikan/belajar
Dengan bisnis secara online ini, penjual pasti akan membuat tampilan web-nya menjadi seindah mungkin, dan informasi yang akurat mengenai produk-roduk yang dijual agar para pembeli tertarik dan terkesan. Membuat indah tampilan web dan menampilkan informasi yang nagus juga tidak sembarangan. Oleh karena itu penjual bisa langsung belajar dengan adanya kondisi seperti ini.

5. Media untuk berdagang
Sudah pasti dengan adanya bisnis online kita bisa berdagang dengan memanfaatkan T.I.

Sumber :
http://cahayailmukomputer.com/berita-194-keunggulan-cara-membedakan-bisnis-online-scam-dan-tips-membeli-suatu-produk.html
http://jujupertama.wordpress.com/2011/01/22/pengaruh-dan-peranan-ti-terhadap-perkembangan-bisnis-online-di-indonesia/
http://dshepurwanti.blogspot.com/2011/01/pengaruh-dan-peranan-ti-terhadap.html
http://pele-donk.blogspot.com/2011/01/pengaruh-dan-peranan-ti-terhdap.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s